Batuan Beku Korok (Hipabisal/Intrusif)

     Batuan beku korok (Hipabisal) merupakan batuan beku yang mengalami pembekuan di pipa-pipa gunungapi atau pada rekahan-rekahan yang ada. Intrusi merupakan kejadian bergeraknya magma melalui rekahan-rekahan yang terbentuk pada daerah gunungapi. Berdasarkan pergerakan magmanya, intrusi terbagi menjadi dua, yaitu konkordan dan diskordan.
Gambar 1. Bagan Struktur Batuan Intrusif

Konkordan

Merupakan tubuh batuan beku intrusif dimana pergerakan magmanya sejajar dengan perlapisan di sekitarnya. Berikut ini adalah jenis-jenis tubuh batuan dari konkordan:
  1. Sill, merupakan tubuh batuan yang berupa lembaran dan sejajar dengan batuan disekitarnya
  2. Laccolith, merupakan tubuh batuan beku yang berbentuk kubah (dome) dimana perlapisan awalnya datar menjadi melengkung di bagian atas yang disebabkan karena penerobosan magma.
  3. Lapolith, merupakan tubuh batuan beku yang berbentuk kubah seperti Laccolith hanya saja yang mengalami lengkungan bagian bawah lapisan.
  4. Paccolith, merupakan tubuh batuan beku yang menempati sinklin atau antiklin yang telah terbentuk sebelumnya

Diskordan

Merupakan tubuh batuan beku intrusif yang memotong perlapisan batuan di sekitarnya. Berikut ini adalah jenis-jenis tubuh batuan dari diskordan: 
  1. Dike, merupakan tubuh batuan yang memotong perlapisan disekitarnya dan berbentuk tabular atau memanjang.
  2. Batolith, merupakan tubuh batuan yang memiliki ukuran sangat besar, yaitu > 100 km dan terbentuk pada kedalaman yang dalam.
  3. Stock, merupakan tubuh batuan yang mirip dengan batolith tetapi ukurannya lebih kecil dan nampak di permukaan. 


Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers