Batuan Sedimen Non Klastik

    Batuan sedimen non klastik merupakan batuan sedimen yang terbentuk oleh proses kimiawi maupun organik. Batuan yang termasuk ke dalam kelompok sedimen non klastik adalah sedimen evaporit, sedimen karbonat, sedimen silika dan batuan organik.

Gambar 1. Batubara

1. Batuan Sedimen Evaporit

Merupakan batuan sedimen yang terbentuk sebagai hasil proses penguapan (evaporit) air laut. Proses penguapan air laut ini mengakibatkan tertinggalnya bahan kimia yang akhirnya akan menghablur ketika semua air laut teruapkan. Proses penguapan ini terjadi dengan adanya sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.

2. Batuan Sedimen Karbonat

Merupakan batuan sedimen yang terbentuk dari hasil proses kimiawi dan biokimia. Kelompok batuan karbonat diantaranya adalah batugamping dan dolomit dengan mineral utama pembentuknya adalah kalsit dan dolomit.

3. Batuan Silika

Merupakan batuan sedimen yang tersusun atas mineral silika. Batuan ini meripakan hasil proses kimia dan biokimia dari organisme berkomposisi silika seperti diatom, radiolaria dan sponges.

4. Batuan Organik

Merupakan batuan yang berasal dari kumpulan material organik yang melalu diagenesa sehingga mengeras menjadi batu. Contoh yang paling sering dijumpai adalah batubara yang berasal dari tumbuhan.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers