Non-Foliasi

     Merupakan struktur batuan metamorf yang tidak menunjukkan adanya kenampakan struktur planar. Struktur ini terbentuk oleh mineral-mineral equidimentional dan umumnya terdiri dari butiran-butiran (granular). Struktur ini biasanya terbentuk oleh pemanasan global yang dapat disebabkan oleh dekatnya batuan dengan dapur magma atau terjadi gesekan lempeng sehingga menghasilkan panas yang sangat tinggi. Struktur Non-foliasi ini terbagi menjadi empat macam, yaitu
Gambar 1. Marmer (Marble)

Hornfelsic/granulose

Struktur hornfelsic terbentuk oleh mosaic mineral-mineral equidimensional dan equigranular dan umumnya berbentuk polygonal. Batuannya disebut hornfels (batu tanduk).

Cataclastic

Struktur ini terbentuk oleh pecahan/fragmen batuan atau mineral berukuran kasar dan umumnya membentuk kenampakan breksiasi. Struktur kataklastik ini terjadi akibat adanya metamorfosa kataklastik. Batuannya disebut cataclasite (kataklasit)

Milonitic

Struktur milonitic juga dihasilkan oleh adanya penggerusan mekanik pada metamorfosa kataklastik. Ciri struktur ini adalah mineralnya berbutir halus, menujukkan kenampakan goresan-goresan searah dan belum terjadi rekristalisasi mineral-mineral primer. Batuuannya disebut mylonite (milonit)

Phyllonitic

Struktur phyllonitic mempunyai gejala dan kenampakan yang sama dengan struktur milonitik tetapi umumnya telah terjadi rekristalisasi. Ciri lainnya adalah kenampakan kilap sutera pada batuan yang mempunyai struktur ini. Batuannya disebut phyllonite (filonit).
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers