Tipe-tipe Piroklastik

     Piroklastik merupakan endapan vulkanik klastik yang tersusun atas partikel (piroklas) terbentuk oleh erupsi guungapi yang eksplosif dan terendapkan oleh proses vulkanik primer (Mc Phie et al, 1993). Pengendapan vulkanik primer terbagi menjadi tiga, yaitu
Gambar 1. Pengendapan Piroklastik

1. Piroklastik Aliran

     Merupakan aliran panas dengan konsentrasi tinggi, dekat dengan permukaan, mudah bergerak, berupa gas dan partiker terdispersi yang dihasilkan oleh erupsi gunungapi (Wright et al, 1981 dalam Mc Phie et al, 1993). Piroklastik aliran bergerak di sepanjang permukaan bumi menuju ke tempat pengendapannya. Jenis endapan piroklastik aliran akan cenderung menempati cekungan-cekungan yang ada di sekitarnya. Sifat cair dari magma menjadikannya mengendap menyesuaikan wadah atau cekungannya.

2. Piroklastik Jatuhan

    Merupakan piroklas yang terlontar akibat eksplosif gunungapi dan tersuspensi, yang selanjutnya jatuh dan mengendap di permukaan bumi. Pergerakan dari piroklastik jatuhan ini sangat dipengaruhi oleh angin. Ukuran dari piroklastik jatuhan ini relatif kecil sehingga jangkauannya lebih luas daripada piroklastik aliran. Piroklastik jatuhan akan cenderung mengisi semua permukaan baik punggungan bukit maupun lembah dan memiliki keseragaman butir.

3. Piroklastik Surge

     Merupakan piklas yang memiliki rasio gas rendah (ground huggling), aliran partikel diangkut secara lateral didalam gas turbulen (Fisher, 1973 dalam Mc Phie et al, 1993). Piroklastik surge dibentuk secara langsung oleh erupsi freatomagmatik maupun freatik dan asosiasinya dengan piroklastik aliran.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers