Struktur Batuan Metamorf

     Struktur batuan metamorf adalah kenampakan batuan yang berdasarkan ukuran, bentuk atau orientasi unit poligranular batuan tersebut. Pembahasan mengenai struktur juga meliputi susunan bagian massa batuan termasuk hubungan geometrik antar bagian serta bentuk dan kenampakan internal bagian tersebut. Secara umum struktur batuan metamorf dibedakan menjadir struktur foliasi dan non-foliasi.
Gambar 1. Batuan Metamorf

Foliasi

     Merupakan struktur batuan metamorf yang menunjukkan adanya kenampakan struktur planar pada tubuh batuan. Struktur ini terbentuk dengan adanya pembebanan (burden) dari lapisan diatasnya yang dapat menghasilkan tekanan yang sangat besar. Struktur foliasi umumnya terbentuk dari hasil penekanan terhadap batuan sedimen.

Non-Foliasi

    Merupakan struktur batuan metamorf yang tidak menunjukkan adanya kenampakan struktur planar. Struktur ini terbentuk oleh mineral-mineral equidimentional dan umumnya terdiri dari butiran-butiran (granular). Struktur ini biasanya terbentuk oleh pemanasan global yang dapat disebabkan oleh dekatnya batuan dengan dapur magma atau terjadi gesekan lempeng sehingga menghasilkan panas yang sangat tinggi.


Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers