Geologi Struktur

      Geologi Struktur adalah cabang dari ilmu geologi yang mempelajari tentang bentuk (arsitektur) batuan sebagai hasil dari proses deformasi. Deformasi batuan adalah perubahan bentuk dan ukuran pada batuan sebagai akibat dari gaya yang bekerje di dalam Bumi.

     Secara umum pengertian geologi struktur adalah ilmu yang mempelajari tentang bentuk arsitektur batuan sebagai bagian dari kerak bumi serta menjelaskan proses pembentukannya. Geologi struktur lebih ditekankan pada studi mengenai unsur-unsur struktur geologi, seperti perlipatan (fold), rekahan (fracture), patahan (fault), dan sebagainya yang merupakan bagian dari satuan tektonik (tectonic unit).

     Proses yang menyebabkan batuan mengalami deformasi adalah haya yang bekerja pada batuan tersebut. Dalam teori "Tektonika Lempeng" dinyatakan bahwa kulit bumi tersusun dari lempeng-lempeng yang saling bergerak satu dengan yang lainnya. Pergerakan lempeng-lempeng tersebut dapat berupa saling mendekat (konvergen), saling menjauh (divergen), dan saling berpapasan (transform). Pergerakan lempeng ini lah yang menyebabkan gaya pada batuan.

--> Prinsip Dasar Mekanika Batuan

--> Jenis-jenis Struktur Geologi

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers