Batuan Sedimen (Sedimentary Rocks)

     Batuan sedimen merupakan batuan yang terbentuk dari akumulasi meterial hasil perombakan batuan yang sudah ada sebelumnya atas hasil aktifitas kimia maupun organisme, yang diendapkan lapis demi lapis pada permukaan bumi kemudian mengalami pembatuan (litifikasi) (Danang, 2005). Material sedimen berasal dari batuan yang sudah ada dan mengalami pelapukan sehingga menyebabkan batuan tersebut mudah terkikis terbawa oleh media transport dan terendapkan ditempat yang berbeda. Media transport pada batuan sedimen terdiri dari air, angin, gravitasi dan salju (gletser).
Gambar 1. Singkapan Batuan Sedimen (Perlapisan Lempung-Pasir)
Umur Tersier, Formasi Tmpk (Kerek)


     Adanya media transport ini, mampu menggerakan material sedimen sehingga dapat berpindah tempat. Perpindahan tempat pada material sedimen yang dilakukan oleh media transport terdapat tiga cara, yaitu:
  • Suspended Load, merupakan pemindahan yang terjadi pada material sedimen yang berukuran kecil sehingga mampu diangkut oleh air atau angin dengan energi kecil dan pengendapan lebih didominasi dengan gaya gravitasi.
  • Bed Load, merupakan pemindahan yang terjadi pada material yang lebih besar hingga sangat besar. Energi transport yang di butuhkan juga cukup tinggi sehingga material sedimen akan mampu berhenti pada titik dimana energi sudah tidak mampu menggerakan material tersebut. Pemindahan ini terjadi dengan menggerakan material sedimen di dasar permukaan.
  • Saltation Load, merupakan pemindahan yang terjadi pada material dengan ukuran pasir. Energi transport yang dibutuhkan besar sehingga mampu membuat material sedimen berat melayang dan bergeser. Pemindahan ini terjadi dengan menggerakan dan menerbangkan material sedimen di dalam media transport.


Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers