Wisata Alam Pantai Ngobaran, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul

     Ngobaran merupakan salah satu pantai yang berada di sebelah selatan dari Kabupaten Gunung Kidul. Pantai Ngobaran bukanlah tujuan utama wisatawan karena lokasi pantai tersebut masih memiliki akses yang cukup sulit untuk dilalui dan juga letaknya yang jauh dari jalan utama. Jalan menuju pantai ngobaran sendiri bukanlah jalan yang cukup besar dan tidak dapat dilalui oleh bus.
Gambar 1. Kesampaian daerah Pantai Ngobaran

     Pantai Ngobaran berjarak 60 km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Ngobaran dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor. Tidak banyak angkutan umum yang sampai ke Pantai Ngobaran, diperkirakan tarif yang wisatawan keluarkan cukup menguras kantong jika ditempuh menggunakan kendaraan umum karena jarak yang cukup jauh dengan jalur yang dilalui kendaraan umum masal seperti bus.


     Pantai Ngobaran merupakan salah satu pantai yang menggambarkan kerukunan beragama. Pantai Ngobaran memiliki tiga tempat peribadahan dalam satu lokasi baik agama Hindu, Budha, maupun Islam yang lokasinya berhadapan.

    Selain nuansa kerukunan beragama yang tidak kalah penting adalah Pantai Ngobaran ini menyajikan pemandangan yang luar biasa ditambah lagi dengan sifat alamiahnya yang jarang tersentuh oleh masyarakat luar. Keindahan alam tersebut dapat dinikmati dari atas tebing maupun turun ke pantai. Pada waktu-waktu tertentu akan memperlihatkan keindahan dasar pantai hingga wisatawan dapat melihat langsung ataupun ikut berpartisipasi dalam mencari sesuatu yang hidup di air seperti alga, rumput laut, bintang laut, lobster serta yang paling terkenal di pantai ini adalah landak laut yang juga di jual oleh beberapa nelayan dalam bentuk landak goreng dengan harga cukup murah dari Rp. 3.000,- hingga Rp. 10.000,- per porsinya.

     Pengelola pantai atau warga sekitar menyediakan beberapa fasilitas pendukung yang dapat menunjang wisatawan dalam menikmati kaindahan pantai diantaranya adalah
  • Tempat parkir yang cukup untuk menampung 20 kendaraan roda empat dan ratusan kendaraan roda dua
  • Kamar mandi yang dengan sengaja disediakan oleh warga setempat biasa digunakan wisatawan untuk membersihkan diri setelah puas bermain di pantai atau sampai mandi air laut.
  • Dan yang lebih asiknya sudah tersedia warung makan bahkan gazebo untuk wisatawan yang hanya ingin menikmati pemandangan pantai sambil berbincang-bincang dengan keluarga, teman, dll. Juga dapat digunakan sebagai tempat singgah baik sebelum atau sesudah menikmati pantai.
     Pantai Ngobaran merupakan pantai yang letaknya dikelilingi oleh bebatuan. Ingin tahu lebih lanjut mengenai bagaimana kondisi geologi di daerah wisata? Klik >>Di sini<<

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers