Geomorfologi

     Geomorfologi merupakan salah satu cabang ilmu geologi. Geomorfologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari tiga suku kata, yaitu geos yang artinya bumi, morphos yang artinya bentuk dan logos yang artinya ilmu. Geomorfologi adalah ilmu yang mempelajari bentuk atau rona muka bumi. Worcester (1939) mengemukakan bahwa geomorfologi adalah diskripsi dan tafsiran dari bentuk rona bumi.

     Para ahli geomorfologi mempelajari bentukan-bentukan bentuklahan dan mencari tahu sejarah dari suatu bentukan hingga memperkirakan perkembangan yang akan terjadi. Hal tersebut dapat dicapai dengan melakukan pengamatan lapangan langsung serta permodelan baik secara fisik maupun numerik.

     Siklus geomorfo berawal dari adanya pengangkatan tektonik atau proses vulkanisme. Sedangkan denudasi terjadi melalui erosi dan mass wasting yang akan menyuplai sedimen menuju danau, pantai. Suplai sedimen yang akan terakumulasi terbawa oleh media melalui sungai atau glasial.

     Pada dasarnya, dalam ilmu geomorfologi terdapat empat aspek utama yang harus diperhatikan dalam melakukan analisis geomorfologi, diantaranya adalah

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers