Struktur, Proses dan Stadia

     Struktru, proses dan stadia merupakan faktor-faktor penting dalam pembahasan geomorfologi. Pembahasan suatu daerah tidaklah lengkap jika salah satu dari ketiganya diabaikan. Ketiga faktor tersebut merupakan pilar dari prinsip dasar geomorfologi.

    Struktur dalam pembelajaran bentuk lahan yang diperhatikan adalah struktur geologi. Struktur geologi merkupakan properti penting dalam perkembangan suatu bentuklahan. Struktur geologi akan sangat mempengaruhi keadaan relief suatu daerah. Struktur geologi terjadi akibat adanya proses tektonik, itulah mengapa strutur ini dipengaruhi oleh gaya endogen.

     Proses merupakan kegiatan yang terjadi pada bentuklahan. Proses ini dapat menimbulkan bentukan-bentukan khas dari suatu bentuklahan dimana didalamnya terdapt proses pengikisan, perpindahan dan pengendapan material. Proses sangat melibatkan keadaan luar (eksogen) sehingga sangat berkaitan dengan kondisi iklim suatu daerah.

     Stadia juga merupakan salah satu hal yang penting dalam pembelajaran geomorfologi. Stadia dapat menjelaskan gambaran umum suatu lokasi. Dengan mengetahui stadia, dapat mengetahui sejauh apakah proses yang terjadi dan bentuk lahan apa yang pertama kali terbentuk.


Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers