Kondisi Geologi Wisata Alam Ujung Negoro, Kabupaten Batang

    Pantai Ujung Negoro merupakan pantai yang berada di ujung timur Kecamatan Kandeman, Kaupaten Batang. Pantai Ujung Negoro dapat dicapai dengan perjalanan 20 menit dari pusat Kabupaten Batang menggunakan kendaraan bermotor melewati Jl. Pantura kearah Semarang dan belok kiri di Kecamatan Kandeman hingga tiba di Ujung Negoro.

     Menurut W.H Condon dkk (1996) dalam Peta Geologi Regional Lembar Semarang-Magelang, menyatakan bahwa daerah Ujungnegoro ini terletak pada Formasi Damar yang terdiri dari batulempung tufaan, breksi vulkanik, batupasir, tuff dan konglomerat.

Gambar 1. Peta Geologi Regional Ujungnegoro

     Dari pengamatan lapangan pada lokasi wisata Ujungnegoro ini berada pada daerah dengan morfologi curam (Van Zuidam, 1983), hal tersebut ditunjukan dengan adanya bukit breksi di sekitar pantai dimana di bagian atasnya terdapat makam Syeh Maulana Maghribi. Pada daerah ini terdapat litologi berupa breksi vulkanik dengan matriks didominasi oleh andesit serta batupasir yang telah mengeras di bagian bawah dan berkontak dengan airlaut langsung.

Gambar 2. Contoh litologi breksi vulkanik

Gambar 3. Contoh litologi batupasir
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers