Kondisi Geologi Lokawisata, Baturaden

     Wisata alam Lokawisata terletak di lereng bagian selatan Gunung Slamet menjadikannya daerah dengan suhu yang relatif dingin. Lokawisata dapat ditempuh dengan perjalanan selama 15 menit dari Kecamatan Purwokerto, Kabupaten Banyumas menggunakan kendaraan bermotor.

Gamar 2. Peta Geologi Regional Lokawisata (M. Djuri dkk, 1996)

     Menurut M Djuri, dkk (1996), menyatakan bahwa lokasi wisata alam Lokawisata terletak diantara dua formasi, yaitu (dari tua ke muda) Formasi Gunungapi Tak terurai (Qvs) dan Formasi Lava Gunung Slamet. Formasi Gunungapi Tak terurai (Qvs) memiliki anggota breksi gunungapi, lava dan tuff dengan sebaran yang membentuk perbukitan. Formasi Lava Gunung Slamet (Qvs) memiliki anggota lava andesit, berongga terutama di bagian lereng timur.

     Berdasarkan pengamatan lapangan, Lokawisata ini terletak pada daerah yang memiliki elevasi tinggi dan memiliki morfologi perbukitan miring. Pada daerah ini terdapat lava dengan warna abu-abu gelap dan akan berubah warna ketika terkena air menjadi hitam legam terutama pada daerah sekitar air terjun. Lava ini memiliki rekahan-rekahan dengan bentuk seperti kolom atau sering disebut kekar kolom. Selain lava, juga ditemukan tuff di sekitar air terjun yang terlihat di tebing-tebing jalan yang setepak yang disediakan untuk menjangkau komplek wisata lainnya.





  • Djuri. M, Samodra. H, Amin. T. C, dan Gafoer. S. 1996. Peta Geologi Regional Lembar Purwokerto dan Tegal, Jawa. Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi.


Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers