Pengertian Seismik

       Metode seismik adalah salah satu metode seismologi eksplorasi yang dikelompokkan ke dalam metode geofisika aktif, didasarkan pada pengukuran respon gelombang seismik (suara) yang dimasukkan ke dalam tanah dan kemudian direfleksikan atau direfraksikan sepanjang perbedaan lapisan tanah atau batas-batas batuan.
Gambar 1. Ilustrasi Seismik

       Gelombang seismik digunakan untuk menentukan distribusi kecepatan dan lokasi interface bawah permukaan dimana gelombang  akan mengalami refraksi atau refleksi, dengan jalan mengetahui titik tempuh (Travel Time) gelombang pada suatu titik tertentu di permukaan bumi. Metode seismic merupakan salah satu metode yang mempunyai ketepatan serta resolusi yang tinggi dalam memodelkan struktur geologi dibawah permukaan bumi. (Susilawati,2004)
       Menurut Telford (1976), dasar teknik seismik dapat digambarkan sebagai suatu sumber gelombang yang dibangkitkan di permukaan bumi. Karena material bumi bersifat elastis, maka gelombang seismik yang terjadi akan dijalarkan ke dalam bumi dalam berbagai arah. Pada bidang batas antar lapisan, gelombang ini sebagian dipantulkan dan sebagian dibiaskan untuk diteruskan ke permukaan bumi.
       Pada dasarnya, seismik mempunyai system kerja yang sederhana, yaitu memancarkan gelombang dari sumber yang di pancarkan ke target dari seismic dan diterima oleh geophone (hydrophone jika dalam air) sebagai receiver. Sumber seismik dapat berasal dari sledge hammer, ledakan dinamit, airgun, watergun dan lain sebagainya.
     Respon bumi sebagai bidang pemantul atau pembias akan ditangkap oleh penerima yang telah disusun berdasarkan geometrinya di permukaan. Dari hasil respon ini akan didapatkan data waktu gelombang seismic yang melewati bahkan menembus medium bumi dan kembali lagi ke permukaan dan dicatat segai two-way time (Aditya, 2005).

--> Jenis-jenis Seismik
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers