Pembuatan Kontur Menggunakan ArcMap

Selamat datang di tutorial arcGis.
berikut adalah materi tentang pembuatan kontur menggunakan arcGis. pembuatan kontur ini dilakukan dengan menggunakan arcToolbox bagian spatial analysis.

Data yang dibutuhkan untuk pembuatan kontur adalah data x y dan z yang telah diinterpolasi sehingga membentuk surface (permukaan) atau menggunakan data DEM.
Gambar 1. Contoh data DEM.dem



Setelah semua data terkumpul, dapat kita lakukan pemanggilan data untuk diinput ke dalam arcMap yang kemudian dapat kita proses.
Untuk meng-input data .dem, data pada folder connection yang ada di arcMap dapat langsung di drag ke dalam lembar kerja arcMap.
Gambar 2. Gambaran data DEM pada catalog dan hasil drag


Setelah data muncul, anda dapat melakukan pencarian tool contour pada search atau anda dapat menggunakan menu arcToolbox bagian spatial analysis --> surface --> contour.
Gambar 3. Lokasi tool contour

Pada menu contour ini terdapat 5 poin dan 3 poin utama sisanya optional.
Gambar 4. Window contour

  1. Input raster merupakan data yang akan di jadikan kontur (.dem)
  2. output polyline merupakan tempat dimana anda akan meletakkan kontur.
  3. Contour interval merupakan jarak antar kontur dari nilai z (ketinggian).
  4. Base contour merupakan nilai kontur paling rendah yang akan anda buat sehingga interval kontur akan menyesuaikan nilai pertama. contoh: base 0 interval 25 akan memiliki nilai contour 0 25 50 dst. Sedangkan base 10 interval 25 akan memiliki nilai contour 10 35 60 dst.
  5. z factor merupakan perhitungan nilai z (konversi) untuk menentukan nilai sesuai dengan satuan yang kita inginkan. jika koordinat UTM akan memiliki satuan meter, untuk mengubahnya menjadi feet anda hanya perlu mengganti nilai z menjadi konversi meter ke feet (saya lupa angkanya berapa)

kemudian di OK dan muncullah kontur yang anda inginkan.
Gambar 5. Hasil contour
Untuk memunculkan label, caranya sama dengan memunculkan label pada shapefile. dapat dilihat pada article sebelumnya. --> Click here!!!

Untuk lebih jelasnya silahkan check video kami di Youtube.
Terimakasih semoga bermanfaat :)
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers