Jenis-jenis Seismik

Metode Seismik terbagi menjadi 2, yaitu:

> Metode Seismik Refraksi
Metode seismic refraksi merupakan salah satu metode seismik yang menggunakan penjalaran gelombang mekanik atau elastis terhadap medium bumi yang bersifathomogen isotropis. Menurut Susilawati (2004), survey geofisika dengan metode seismik refraksi bertujuan untuk : 
Mendeteksi struktur geologi dibawah permukaan bumi yang relatif dangkal
Menentukan kedalaman dibawah sumber pada medium dua lapis atau lebih pada bidang horizontal maupun miring
Menentukan jenis batuan berdasarkan kecepatan gelombang yang merambat dalam batuan tersebut.

Mekanisme pengambilan data lapangan yang dipergunakan dalam seismic refraksi adalah mengetahui jarak dan waktu yang terekam oleh alat seismograf untuk mengetahui kedalaman dan jenis  lapisan tanah yang diteliti. Dari getaran atau gelombang yang diinnjeksikan ke permukaan tanah akan merambat ke bawah lapisan tanah secara radial. Saat bertemu lapisan dengan sifat elastic batuan yang berbeda, maka gelombang yang datang akan mengalami pemantulan dan pembiasan. Gelombang yang melewati bidang batas dengan sifat lapisan yang berbeda akan terpantul dan terbiaskan ke permukaan kemudian ditangkap oleh geophone (Gambar 1).
Gambar 1.

> Metode Seismik Refleksi
Metode seismic refleksi merupakan saah satu metode geofisika yang menggunaan perambatan gelombang elastic yang dihasilkan oleh suatu sumber pada permukaan yang kemudian berpropagasi ke bawah permukaan dan sebagian energinya direfleksikan dan direkam oleh penerima di permukaan. Pada metode seismic rekleksi, jenis gelombang yang digunakan yaitu gelombang body  terutama pada gelombang P atau gelombang kompresi. Gelombang kompresi ini arah gerak partikelnya searah dengan arah rambatnya dan kecepatannya lebih besar dari gelombang S. Metode seismic refleksi umum digunakan pada penyeidikan bawah permukaan yang cenderung dalam (Gambar 2).
Gambar 2

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers