Pengertian ArcGis

ArcGIS adalah perangkat lunak yang dikeluarkan oleh Environmental Systems Research Institute (ESRI), sebuah perusahaan yang telah lama berkecimpung di dalam bidang geospasial. ArcGIS adalah sebuah platform yang terdiri dari beberapa software yaitu Desktop GIS, Server GIS, Online GIS, ESRI Data, dan Mobile GIS seperti diilustrasikan pada Gambar 3.1 berikut.
      Pada Gambar 3.1 tampak bahwa ArcGIS Desktop adalah bagian dari Desktop GIS yang juga bagian dari ArcGIS. Namun karena penggunaan ArcGIS Desktop lebih umum dan luas dibandingkan dengan software lainnya, maka kebanyakan     pengguna  seringkali  cukup  menggunakan  kata  ArcGIS  untuk  menunjukkan ArcGIS Desktop.
ArcGIS Desktop masih merupakan kumpulan software (suite) yang terdiri dari beberapa software tersendiri, yaitu ArcMap, ArcCatalog, ArcScene, ArcGlobe dan ArcReader. ArcGIS Desktop hanya dapat diinstal pada operating system (OS) windows. Khusus untuk ArcGIS Desktop versi 10.3 hanya dapat diinstal pada OS Windows 7, Windows 8/8.1, Windows Server 2008/2012 dan Windows 10. Pengguna OS Linux dan Mac masih belum dapat menginstal ArcGIS Desktop. Beberapa pengguna mencoba menggunakan emulator windows agar dapat menginstal ArcGIS Desktop pada Linux/Mac. Namun tentu saja masalah kompatibilitas seringkali menjadi masalah.
ArcGIS Desktop merupakan pengembangan dan gabungan dari ArcView 3.x yang unggul dalam antarmuka visual dengan Arc/INFO versi 7 yang unggul dalam analisis. Oleh karena itu tidak mengherankan jika ArcGIS Desktop disebut-sebut sebagai gabungan dari ArcView 3.x dan Arc/INFO. ArcGIS versi pertama adalah ArcGIS 8.0 yang dirilis pada tahun 1999. ArcView dan Arc/INFO yang sebelumnya adalah software tersendiri dijadikan sebagai tingkatan lisensi di dalam ArcGIS Desktop.
ArcMap adalah software paling utama di dalam ArcGIS Desktop karena hampir semua tahapan GIS seperti input, analisis dan output data spatial dapat dilakukan pada ArcMap. Meskipun demikian, banyak tugas-tugas GIS yang tidak dapat dilakukan menggunakan ArcMap sehingga pengguna masih perlu untuk mempelajari dan menggunakan software ArcGIS Desktop lain selain ArcMap.
Menggunakan ArcMap memberikan pengalaman yang serupa seperti menggunakan software pemetaan lain seperti ArcView 3.x, QGIS, AutoCAD Land Desktop, dan sebagainya. Terdapat bidang kerja dan bidang pengelolaan data pada ArcMap. Menu-menu ditempatkan pada bagian atas. 
ArcCatalog memiliki fungsi untuk pengelolaan data spasial meliputi input, konversi, dan analisis data. ArcCatalog dapat dianalogikan sebagai File Explorer (atau windows explorer) pada OS Windows. Namun karena tugasnya spesifik untuk menangani data spasial, maka fungsi pengelolaan file yang dimiliki oleh ArcCatalog lebih khusus dan spesifik. ArcCatalog tidak saja digunakan untuk mengelola data spasial, tetapi juga untuk melakukan analisis data.
Pada Gambar dibawah menjelaskan bahwa perangkat lunak ArcCatalog memiliki bagian utama berupa Catalog Tree  yang menampilkan sistematika folder dan file dari data spasial. Item yang ditampilkan tidak berupa file satu per satu seperti File Explorer, melainkan setiap item data spasial secara keseluruhan. Sehingga, sebagai contoh, satu file shapefile yang biasanya terdiri dari banyak file (shp, dbf, shx, dsb) tampil dalam satu item saja di dalam ArcCatalog.
Terdapat tiga tab utama dalam menampilkan data spasial dalam ArcCatalog, yaitu Contents, Preview, dan Description. Di bagian atas terdapat menu dan toolbar sebagaimana software GIS. Pengguna dapat menjalankan ArcToobox dan mengeksekusi perintah analisis spasial langsung pada ArcCatalog.

Ingin memiliki buku tentang arcGis?
click link berikut unutk mendapatkan buku tutorial arcGis
dengan harga murah anda dapat memiliki buku arcGis
Link Buku --> Click Here

Share:

1 comment:

  1. terimakasih berkat artikel ini Saya menjadi lebih memahami apa itu ArcGIS beserta platform didalamnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya. Jangan lupa kunjungi Web saya ya https://mirazakia.blogspot.com/ dan Web kampus saya www.gunadarma.ac.id
    Terimakasih

    ReplyDelete

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers