Pengambilan data Wenner

Pengambilan data merupakan tahap untuk mendapatkan data geolistrik. Pengambilan data ini dilakukan menggunakan alat resistivity meter. Alat yang paling sering digunakan adalah Naniura tetapi pada saat ini banyak alat yang di ciptakan. Contoh alat yang lain ada OYO ada BAWONO RESISTIVITY dan lain sebagainya. Naniura menggunakan single channel karena memang peruntukannya untuk mengetahui nilai setiap lapisannya tidak seperti OYO yang bisa langsung mendapatkan hasil multichannel.

Pada pengambilan data dengan konfigurasi Wenner ini, semua elektroda yang digunakan bergerak sesuai dengan jarak yang ditentukan. Jarak setiap elektroda pada konfigurasi wenner memiliki jarak yang sama dengan posisi MN di antara AB dalam artian urutan dari kiri ke kanan A M N B. Jarak antar elektroda biasa di simbolkan dengan a. Satu kali perjalanan dari titik 0 hingga titik terakhir bentangan disimbolkan dengan N (remark). Ketika nilai a berubah maka simbolnya berubah menjadi N2 sebagai penanda nilai a berubah di perpanjang dari sebelumnya. Berikut gambaran sekilas pengambilan data Wenner.

Pengoprasian alat pada konfigurasi wenner ini sama persis dengan konfigurasi schlumberger. Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihatnya pada penjelasan tentang pengambilan data Schlumberger

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers