Pengambilan data Schlumberger

Pengambilan data merupakan tahap untuk mendapatkan data geolistrik. Pengambilan data ini dilakukan menggunakan alat resistivity meter. Alat yang paling sering digunakan adalah Naniura tetapi pada saat ini banyak alat yang di ciptakan. Contoh alat yang lain ada OYO ada BAWONO RESISTIVITY dan lain sebagainya. Naniura menggunakan single channel karena memang peruntukannya untuk mengetahui nilai setiap lapisannya tidak seperti OYO yang bisa langsung mendapatkan hasil multichannel.

Untuk pengambilan data Schlumberger ini, paling sering bergerak adalah elektroda arus, yaitu AB, sedangkan untuk elektroda potensial yaitu MN sering diam hanya beberapa kali saja pindah. Penentuan jarak AB dan MN dilakukan dari tengah atau biasa diukur dari alat itu diletakkan. Panjang yang dihitung adalah panjang setengah bentangan, dalam artian jarak yang ada di table adalah jarak tengah atau alat menuju elektroda.

Untuk memulai pengukuran pertama harus dipastikan adalah semua kabel terhubung dari alat ke elektroda dengan kabel current yang menghubung ke elektroda arus dan kabel potensial terhubung ke elektroda potensial. Untuk posisi kabelnya kanan untuk kanan dan kiri untuk kiri (gambar 2).

Pengambilan data dilakukan setelah semua elektorda terpasang dan terhubung dengan alat. Pengukuran dimulai dengan memutar tuas On kemudian memutar tuas current agar ada arus yang diinjeksikan sehingga dapat mendapatkan nilai tegangan dan arus listrik yang kembali.

Setelah terangkai semua, putar tuas corse dan fine hingga nilai V mendekati 0 atau jika bisa memiliki nilai 0. setelah itu tekan tombol start hingga nilai I stabil. Jika nilai I stabil, maka nilai itulah yang dituliskan di lembar kerja dan nilai V pada saat I stabil juga lah yang dituliskan pada lembar kerja. Untuk mempermudah, dapat melakukan hold ketika nilai I sudah terbaca sehingga nilai V tidak akan hilang.

Jika ada pertanyaan silahkan langsung comment atau dapat menghubungi cv pemilik blog :) free tanpa biaya, Berbagi itu indah :)
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers