Wenner

Wenner merupakan salah satu kofigurasi geolistrik yang sering digunakan meskipun tidak sesering penggunaan schlumberger. Konfigurasi ini memiliki pengambilan data yang sulit tetapi memiliki hasil yang lebih mudah dianalisis karena hasil yang dikeluarkan berupa nilai resistivitas secara vertikal dan horizontal yang biasanya tersaji dalam bentuk trapesium dengan layer-layer lapisan.

Konfigurasi wenner dilakukan dengan memindahkan semua elektroda setiap pengambilan data dengan perpindahan sesuai dengan jarak yang telah ditentukan. Pengukuran wenner terpengaruh terhadap geometri bentangan dengan persamaan:

Pengambilan data wenner ini diperlukan data elevasi (jika ada) sehingga dapat menggambarkan morfologi dari bentangan yang diambil. Untuk pengolahan data wenner sendiri, tidak memerlukan koreksi menggunakan matching curve seperti pada schlumberger. Pengolahan wenner ini menggunakan software Res2dinv yang akan menampilkan hasil trapesium berlayer sesuai dengan kondisi permukaannya. Jika lapisan memiliki dip, maka akan tergambarkan pada hasil dari wenner itu sendiri.

Berikut adalah contoh tabel pengambilan data lapangan dan hasil dari res2Dinv
Contoh Data Lapangan
Contoh Hasil Pengolahan


Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers