Mengukur Kemiringan dan Ketinggian

    Kemiringan bidang, dapat diukur menggunakan kompas geologi, karena pada kompas geologi dilengkapi dengan klinometer yang dapat mengukur kemiringan suatu bidang. Untuk mengukur besarnya sudut lereng dilakukan tahapan sebagai berikut:
  1. Tutup kompas dibuka kurang lebih 45°, sighting arm dibuka dan ujungnya ditekuk 90°,
  2. Kompas dipegang, skala klinometer harus di sebelah bawah,
  3. Melalui lubang “peep-sight” dan “sighting-window” dibidik titik yang dituju. Usahakan agar titik tersebut mempunyai tinggi yang sama dengan jarak antara mata pengamat dengan tanah tempat berdiri.
  4. Klinometer kemudian diatur dengan jalan memutar pengatur di “clinometer level” berada tepat di tengah,
  5. Baca skala yang ada pada kompas dengan satuan kemiringan dapat dinyatakan dalam derajat maupun dalam persen.
Gambar 1. Gambaran Pengukuran Kemiringan


     Apabila jarak antara tempat berdiri dan titik yang dibidik diketahui, misalnya dengan mengukurnya di peta maka perbedaan tinggi antara kedua titik tersebut dapat dihitung. Perbedaan tinggi tersebut dapat juga diketahui dengan menggunakan teorema pitagoras. Dalam hal ini, ikutilah prosedur sebagai berikut:
  1. Letakkan angka 0° klinometer berimpit dengan angka 0° pada skala,
  2. Pegang kompas dan gerakkan dalam arah vertikal sedemikian rupa sehingga gelembung udara berada di tengah,
  3. Bidiklah melalui lubang pengintip sehingga: pandangan mata, lubang pengintip dan garis pada jendela  pandang, beranda dalam satu garis lurus. Perpanjangan dari garis lurus tersebut akan “menembus” permukaan tanah di depan pada suatu titik tertentu. Ingat-ingatlah titik “tembus” ini,
  4. Beda tinggi antara pengamat berdiri dan “titik tembus” tadi sama dengan tinggi pengamat dari telapak sepatu sampai mata,
  5. Berpindahlah ke “titik tembus” tadi dan ulanglah prosedur no. 2 dan 3 di atas sampai daerah yang akan Anda ukur selesai.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers