Kondisi Geologi Curug Sibiting, Desa Kalitengah, Kecamatan Blado

     Wisata Alam Curug Sibiting terletak di Desa Kalitengah, Kecamatan Blado. Curug Sibiting dapat di capai dengan perjalanan selama 30 menit menggunakan kendaraan bermotor dari Kantor Kecamatan Bandar menuju arah selatan. Curug Sibiting terletak di daerah perbukitan dengan persen lereng 30% dan beda tinggi 300 meter. Dari persen lereng dan beda tinggi, dapat dikatakan bahwa Curug Sibiting memiliki morfologi berbukit terjal (Van Zuidam, 1983).
Gambar 1. Peta Kesampaian Daerah

     Menurut Condon, W. H. (1996) dalam Peta Geologi Regional Lembar Banjarnegara-Pekalongan menyatakan bahwa Curug Sibiting terletak pada Formasi Gunungapi Jambangan (Qjo). Formasi Gunungapi Jambangan terdiri dari aliran lava, breksi aliran dan piroklastik, lahar dan aluvium. Berdasarkan pengamatan lapangan, pada Curug Sibiting terdapat batuan vulkanik berupa breksi vulkanik dan tuff.
Gambar 2. Peta Geologi Regional

     Breksi Vulkanik memiliki warna hitam dengan struktur masif. Breksi vulkanik di Curug Sibiting memiliki derajat kristalin berupa holokristalin dicirikan dengan komposisinya berupa kristal seutuhnya dan memiliki granularitas berupa afanit karena mineral yang tersusun tidak dapat dilihat tanpa alat bantu mikroskop.
Gambar 3. Foto kondisi batuan

     Berdasarkan hasil pengamatan, Curug Sibiting terbentuk pada daerah plutonik yang dicirikan dengan holokristalin dan berada di plutonik bagian atas dekat dengan permukaan yang dicirikan dengan afanit. Breksi Vulkanik tersebut membeku dan mengalami deformasi oleh tektonik sehingga terdapat perbedaan ketinggian yang curam dan menghasilkan air terjun.
Gambar 4. Foto kondisi lingkungan air terjun
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers