Deklinasi dan Inklinasi Kompas

     Deklinasi (magnetik) adalah besarnya perbedaan antara arah utara jarum kompas (utara magnetik) dan arah utara sebenarnya (utara geografi). Besarnya deklinasi berbeda dari satu tempat ke tempat lain, dan selalu berubah secara teratur sepanjang waktu. Deklinasi di suatu wilayah umumnya ditunjukkan pada peta topografi yang standard.
Gambar 1. Pengaruh deklinasi dan inklinasi pada kompas

     Untuk menyesuaikan agar kompas akan dipakai menunjukkan arah utara yang sebenarnya, lingkaran derajat pada kompas harus digeser dengan cara memutar adjusting screw yang terdapat pada sisi kompas sebesar deklinasi yang disebutkan.

     Sebagai contoh: deklinasi di suatu daerah adalah 15° East, artinya, Utara magnetik berada 15° disebelah Timur dari Utara geografi. Dalam hal ini lingkaran derajat harus diputar, sehingga petunjuk (“index pin”) akan menunjuk angka 15° pada sisi lingkaran derajat bertanda E.
Gambar 2. Mengatasi deklinasi dan inklinasi

     Inklinasi adalah kecondongan jarum kompas yang disebabkan oleh perbedaan letak geografi suatu daerah terhadap kutub bumi. Sudut kecondongan akan hampir 0° (horisontal) apabila kita berada di dekat/di sekitar katulistiwa, dan semakin bertambah besar apabila mendekati kutub bumi. Dengan demikian, maka tiap tempat di atas bumi ini akan mempunyai sudut inklinasi yang berbeda-beda.

     Untuk mengatasi hal ini biasanya pembuat kompas sudah menyesuaikan keseimbangan jarum kompas untuk daerah tertentu, atau melengkapi jarum kompas dengan beban yang dapat digeser sepanjang jarum kompas untuk mengimbangi pengaruh inklinasi.

     Oleh karena itu, pengguna kompas harus siaga akan pengaruh dari deklinasi dan inklinasi sebelum memulai penggunaan kompas geologi. Ketidak tahuan akan deklinasi dan inklinasi mampu merusak data yang didapatkan.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers