Kondisi Geologi Kawasan Wisata Alam Klaitengah

     Kawasan Wisata Alam Kalitengah terletak di Desa Kambangan, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Kawasan Kalitengah dapat ditempuh dengan perjalanan selama 30 menit menggunakan kendaraan bermotor dari Kantor Kecamatan Bandar menuju arah selatan.
Gambar 1. Kesampaian Daerah

     Dari hasil pengamatan lapangan, Kawasan Wisata Alam Kalitengah terletak pada daerah yang memiliki persen lereng 45 % dan beda tinggi 450 meter termasuk kedalam morfologi berbukit terjal (Van Zuidam, 1983).
Gambar 2. STA 1 kondisi morfologi Kawasan Wisata Kalitengah

     Menurut Condon W.H, dkk (1992) dalam Peta Geologi Regional Lembar Banjarnegara - Pekalongan, menyatakan bahwa Kawasan Wisata Alam Kalitengah terletak pada Formasi Batuan Gunungapi Jambangan (Qjo) yang berumur awal plistosen. Formasi Batuan Gunungapi Jambangan yang ada di Bukit Tringgolasi terdiri dari breksi aliran lava, breksi aliran dan piroklastika, lahar dan aluvium.
Gambar 3. Geologi Regional Kawasan Wisata Kalitengah

     Pada Bukit Tronggolasi hanya ditemukan litologi berupa lapukan batuan vulkanik dengan warna coklat dan tingkat pelapukan tingkat IV (Tonnizam, 2007) sehingga tidak dapat di definisi batuannya secara detail.

     Berdasarkan data yang ditemukan di lapangan, Wisata alam Bukit Tronggolasi merupakan daerah yang memiliki bentuk lahan vulkanik pada zona proximal hingga medial karena sangat jarang ditemukan adanya litologi tuf.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers