Pengukuran Geolistrik Desa Pilang, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora

     Dalam era pembangunan bahan yang dibutuhkan semakin meningkat terutama pada bahan yang ada di alam. Bahan tambang misalnya, menjadi sorotan utama sebagai bahan yang mampu menunjang kebutuhan akan pembangunan. Bahan tambang dapat berupa bahan-bahan pengisi seperti pasir, batubelah hingga gamping. Di Kabupaten Blora memiliki kelimpahan bahan galian dengan wujud pasir yang banyak dijumpai pada Kecamatan Randublatung. Guna mendapatkan bahan tambang tersebut sebagai penunjang kebutuhan pembangunan, diperlukan adanya pengamatan lapangan secara langsung sehingga akan mendapatkan nilai pasti dari cadangan yang ada di daerah tersebut.

     Desa Pilang merupakan salah satu lokasi yang memiliki jumlah bahan galian pasir yang cukup melimpah sehingga dapat dijadikan sebagai pemasok utama dalam bahan galian pasir untuk pembangunan di wilayah sekitarnya. Desa Pilang terletak di Kecamatan Randublatung dengan perjalanan tempuh 2-3 jam perjalanan darat menggunakan mobil dari Kantor Bupati Blora.

     Guna untuk memebuhi kebutuhan akan bahan galian, perlu dilakukan pengukuran langsung sehingga dapat mengetahui jumlah cadangan yang ada di Desa Pilang. Pengukuran geolistrik dilakukan pada Desa Pilang menggunakan konfigurasi schlumberger dengan jumlah 7 titik lokasi pengukuran yang akan dikorelasikan dan mendapatkan total volume.

     Dari hasil pengukuran geolistrik disimpulkan bahwa pada daerah ini memiliki 3 satuan utama, yaitu tanah penutup, lempung dan pasir. Dengan kedalaman yang beragam dari ke tujuh titik tersebut.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers