Kondisi Geologi Wisata Alam Ecopark Bandar

     Wisata alam ecopark Bandar terletak di Kabupaten Batang bagian selatan. Menurut W.H. Condon dkk, (1996) dalam Peta Geologi Lembar Banjarnegara dan Pekalongan menyatakan bahwa daerah Pagilaran terletak pada formasi Gunungapi Jambangan (Qj) yang terdiri dari lava dan klastika gunungapi dengan sifat yang andesitik. Formasi ini memiliki umur quarter.
Gambar 1. Peta Geologi Regional Ecopark Bandar
     Dari hasil pengamatan lapangan, daerah pagilaran ini memiliki morfologi berbukit bergelombang (van Zuidam, 1985) dengan litologi berupa breksi vulkanik. Breksi pada daerah ini memiliki fragmen berupa batuan andesitik dan matriks berupa tuff. Selain litologi tersebut, juga ditemukan bolder-bolder andesitik dengan warna abu-abu gelap, tekstur afanitik.
Gambar 2. Batuan yang tersingkap di sekitar lokasi wisata

     Dari hasil pengamatan terdapat sumber air di lokasi wisata Ecopark Bandar. Sumber air tanah tersebut menandakan bahwa daerah tersebut memiliki sumber air yang cukup melimpah dan berada di atas garis khayal muka airtanah sehingga airtanah keluar dan mengalir. Aliran airtanah tersebut digunakn sebagai air baku kolam renang Ecopark Bandar.
Gambar 3. Sumber Air sebagai pengisi kolam

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers