Kondisi Geologi Wisata Alam Pagilaran

     Pagilaran merupakan daerah wisata yang terletak di Kabupaten Batang. Menurut W.H. Condon dkk, (1996) dalam Peta Geologi Lembar Banjarnegara dan Pekalongan menyatakan bahwa daerah Pagilaran terletak pada formasi Gunungapi Jambangan (Qj) yang terdiri dari lava dan klastika gunungapi dengan sifat yang andesitik. Formasi ini memiliki umur quarter.
Gambar 1. Peta Geologi Regional Wisata Alam Pagilaran

     Dari hasil pengamatan lapangan, daerah pagilaran ini memiliki morfologi berbukit bergelombang (van Zuidam, 1985) dengan litologi berupa breksi vulkanik. Breksi pada daerah ini memiliki fragmen berupa batuan andesitik dan matriks berupa tuff. Selain litologi tersebut, juga ditemukan bolder-bolder andesitik dengan warna abu-abu gelap, tekstur afanitik.

Foto 1. Morfologi Pagilaran 1
Foto 2. Litologi Pagilaran jarak dekat

      Dari litologi yang ditemukan, diketahui bahwa daerah ini terbentuk akibat adanya pembekuan magma dengan jarak yang relatif jauh dari sumber erupsi dan termasuk kedalam zona distal (Bogie dan Mackenzie, 1998). Breksi daerah ini terbentuk setelah mengalami perjalanan cukup jauh dan terdapat sedikit faktor air yang membawanya sehingga mengendap dengan ukuran yang bermacam-macam memiliki sortasi yang buruk.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers