Lintasan Geologi

     Lintasan geologi merupakan rangkaian pengamatan, yang didapatkan dengan cara melintasi suatu wilayah, yang hasilnya akan disajikan dalam bentuk penampang geologi atau peta lintasan geologi. Cara ini ditempuh apabila peta dasar tidak tersedia atau skala peta tidak dapat menjangkau kedetailan data yang akan direkam. Cara ini umumnya dilakukan pada pemetaan geologi pendahuluan (reconnaissance mapping).
Gambar 1. Peta Lintasan Geologi

     Salah satu cara yang digunakan untuk melakukan pembuatan lintasan geologi adalah dengan pengukuran kompas. Pengukuran kompas dilakukan menggunakan kompas geologi sebagai penentu arah pergerakan dan tali ukura sebagai pengukur jarak tempuh. Lintasan geologi terbagi menjadi dua macam, yaitu peta lintasan tertutup dan peta lintasan terbuka. Setiap lintasan memiliki koreksinya masing-masing yang bertujuan untuk mencegah terjadinya pergeseran pada saat pengukuran kompas.
Daftar Pustaka
Asikin, Sukendar., Koesoemadinata R P., Sampurno., Ong Hang Ling., Suparka, Emy., Subroto Eddy A., dan Harsolumakso, Agus H. 1999. Buku Pedoman Geologi Lapangan. Bandung: Institut Teknologi Bandung.


--> Jasa Pemetaan Geologi

Share:

1 comment:

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers