Pelaksanaan Lapangan Peta Lintasan Geologi

     Dalam pelaksanaan lapangan peta lintasan geologi, titik-titik pengamatan ditentukan sesuai dengan keadaan lapangan. Keadaan yang diperhatikan diantaranya adalah:
Gambar 1. Gambaran peta lintasan dan profil geologi

  • Topografi lapangan yang digunakan sebagai intepretasi lama perjalanan yang akan dilalui.
  • Jenis litologi berdasarkan sumber yang ada sebagai penentuan arah perjalanan. Pada daerah yang memiliki batuan beku titik pengamatan sebaiknya di buat lebih banyak untuk mengetahui pergerakan magma dan mencari kontak batuan yang mungkin. Sedangkan untuk batuan sedimen, lebih diutamakan memotong strike batuan dengan tujuan mengetahui ragam batuan yang ada di lintasan tersebut.
  • Utilitas lapangan terutama sungai, hindari pemotongan sungai besar, karena dapat menghambat pergerakan dalam melakukan pengukuran peta lintasan di lapangan.
     Pada dasarnya, melakukan lintasan merupakan cara paling penting di dalam pelaksanaan pemetaan geologi. Cara pembuatan peta lintasan dapat berbeda-beda dengan konsep yang sama, yaitu melakukan pengamatan geologi sepanjang lintasan yang dilalui.

Daftar Pustaka
Asikin, Sukendar., Koesoemadinata R P., Sampurno., Ong Hang Ling., Suparka, Emy., Subroto Eddy A., dan Harsolumakso, Agus H. 1999. Buku Pedoman Geologi Lapangan. Bandung: Institut Teknologi Bandung.


--> Jasa Pemetaan Geologi

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers