Wisata Alam Embung Ngelanggran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul

     Embung Ngelanggran merupakan salah satu wisata alam yang ada di Kabupaten Gunung Kidul tepatnya di Desa Ngelanggeran, Kecamatan Patuk. Embung Ngelanggran dapat ditempuh selama 1 jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta menuju ke arah timur.

Gambar 1. Maps Embung Ngelanggeran

     Embung Ngelanggeran pada awalnya merupakan danau buatan yang dibuat untuk wadah air hujan dan digunakan sebagai sumber pengairan perkebunan warga saat musim kemarau. Seiring berjalannya waktu, Embung ini mendapatkan fungsi lain, yaitu sebagai tempat wisata yang digemari para pemuda baik dari wilayah setempat hingga luar kota.

     Hamparan danau buatan ini di kelilingi oleh gunungapi purba Ngelanggeran yang dapat membuat para pengunjung terpesona dengan keindahannya. Dengan luas 60X60 meter para pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang maupun memancing. Para Pengunjung hanya dapat menikmati indahnya Embung Ngelanggeran dan sekitarnya.
Gambar 2. Embung Ngelanggeran

     Fasilitas Embung Ngelanggeran menyediakan gazebo yang dapat digunakan untuk tempat beristirahat dan juga dapat digunakan untuk pengambilan foto karena bentuknya yang menarik dan instagramable. Selain gazebo, Embung Ngelanggeran juga menyediakan fasilitas pendukung breupa lahan parkir yang luas, beberapa kamar mandi dan aula yang dapat digunakan untuk acara besar.

     Dengan harga tiket yang hanya Rp. 10.000,-/orang dan parkir untuk sepeda motor Rp. 2.000,-/motor dan Rp. 5.000,-/mobil para pengunjung sudah dapat menikmati indahnya Embung Ngelanggeran dan sekitarnya.

Gambar 3. Tempat parkir kendaraan

Gambar 4. Embung Ngelanggeran diambil dari bawah Gazebo

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers