Wisata Alam Pantai Banyu Tibo Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan

     Wisata Alam Banyu Tibo merupakan salah satu objek wisata yang berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan. Objek wisata ini dapat di capai dengan menggunakan sepeda motor hingga bus. Objek wisata ini dapat di capai dengan perjalanan selama kurang lebih 50 menit dari kantor kecamatan Donorejo menuju ke arah timur dan belok kanan ke arah selatan di Desa Punung hingga tiba di pantai Banyu Tibo.
Gambar 1. Peta Kesampaian Daerah

     Banyu Tibo memiliki pemandangan pantai luar biasa dengan ciri khasnya berupa air yang jatuh dari sungai terdekat. Laut dengan kondisi yang masih alami karena belum terlalu banyak pencemarnya memanjakan mata pengunjung dengan keindahannya. Pantai Banyu Tibo juga menyediakan tempat bilas bagi pengunjung yang bermain air laut.
Gambar 2. Peta Geologi Regional

     Menurut Surono, dkk (1992) dalam peta Geologi Regional lembar Surakarta Giritontro menyatakan bahwa pantai Banyu Tibo ini terletak pada formasi Wonosari-Punung yang beranggotakan batugamping, batugamping napalan tufan, batugamping konglomerat, batupasir tufan dan batulanau.
Gambae 3. Kondisi Lithologi Pantai Banyu Tibo

     Berdasarkan pengamatan langsung Pantai Banyu Tibo terletak pada daerah perbukitan bergelombang (Van Zuidam, 1983). Pantai Banyu Tibo ini memiliki lithologi batugamping konglomerat. Batugamping konglomerat ini memiliki warna coklat terang serta memiliki fragmen-fragmen batuan di dalamnya dengan tekstur yang membundar.

     Berikut adalah gambar lain dari keindahan Pantai Banyu Tibo Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur.


Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers