Pelapukan

     Secara umum pelapukan diartikan sebagai proses hancurnya masa batuan oleh proses eksogen. Menuru Ollier (1963) pelapukan adalah proses penyesuaian kimia, mineral dan sifat fisik batuan terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya sehingga batuan tersebut mengalami deformasi. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah:

  1. Jenis batuan yang terdiri dari beberapa mineral, bidang perlapisan dan rekahan yang menyebabkan adanya perbedaan resistensi batuan terhadap pengaruh eksternal. Batuan yang lebih resisten akan mengalami pelapukan lebih lambat dibandingkan dengan batuan yang tidak resisten terhadap pelapukan. Contoh: Intrusi akan lebih resistien dibandingkan dengan breksi.
  2. Iklim akan mempengaruhi pelapukan karena pada kondisi tertentu akan meningkatkan tingkat pelapukan. Iklim kering akan lebih mengarah ke pelapukan fisik sedangkan iklim basah akan mengarah ke pelapukan kimia.
  3. Vegetasi berperan sebagai penutup sinar matahari sehingga akan memperlambat proses pelapukan.
  4. Topografi yang memiliki kemiringan besar dan menghadap datangnya sinar matahari atau air hujan akan mempercepat proses pelapukan.
     Berdasarkan faktor yang mempengaruhinya, Pelapukan dibedakan menjadi dua, yaitu Pelapukan Fisik dan Pelapukan Kimia

--> Klasifikasi Pelapukan
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers