Piroklastik

     Endapan piroklastik merupakan endapan yang terbentuk secara langsung dari proses fragmentasi batuan oleh aktivitas gunungapi yang bersifat explosiv. Secara ukuran, piroklastik terbagi menjadi tiga tingkatan, yaitu ash, lapilli dan bomb.


  • Ash adalah material piroklastik dengan diameter kurang dari 2mm
  • Lapilli adalah material piroklastik dengan diameter 2mm hingga 64mm
  • Bomb adalah material piroklastik dengan diameter lebih dari 64mm
     Berdasarkan proses pementukannya, material piroklastik dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu piroklastik aliran, piroklastik jatuhan dan piroklastik surge.

  • Piroklastik aliran merupakan piroklastik yang terbentuk oleh proses aliran permukaan dengan mekanisme aliran debris piroklastik yang mengalir dengan campuran partikel padat dan gas konsentrasi tinggi. Pergerakan piroklastik aliran ini di kontrol oleh gaya gravitas dan topografi. Endapan tipe ini memiliki sortasi buruk dan memiliki struktur masif.
  • Piroklastik jatuhan merupakan piroklastik yang terbentuk oleh proses jatuhan pada erupsi explosiv sehingga mampu menerbangkan material-material halus. Pergerakan piroklastik jatuhan ini dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan kekuatan angin yang berhembuh pada saat explosiv. Piroklastik ini tidak dipengaruhi oleh topografi dan mampu mengisi pada topografi tinggian. Piroklastik tipe ini memiliki sortasi yang sangat baik dan dapat membentuk struktur laminasi.
  • Piroklastik surge merupakan piroklastik yang terbentuk oleh proses aliran permukaan secara lateral di dalam gas tubulen. Piroklastik tipe ini hampir sama dengan piroklastik aliran, perbedaannya ada pada tingkat gas yang ada pada materialnya. Sortasi pada piroklastik surge lebih baik dibandingkan dengan piroklastik aliran.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers