Jenis-Jenis Mineral dalam Batuan (Komposisi Mineral)

     Batuan, terdiri dari beberapa mineral. Mineral yang ada dalam batuan terbentuk pada kondisi-kondisi tertentu. Secara umum, mineral dalam batuan terdapat tiga kelompok besar, yaitu
Gambar 1. Batuan Beku

  1. Mineral Utama
    Mineral utama merupakan mineral-mineral yang selalu ada pada batuan dan terbentuk bersamaan dengan pembentukan batuan. Tidak semua mineral membeku dalam satu waktu. Mineral membeku seiring dengan penurunan temperatur. Bowen telah membagi mineral-mineral yang terbentuk pada suhu dan tekanan tertentu dan dikenal dengan Bowen Reaction Series. Mineral utama ini termasuk kedalam mineral silikat. Keterdapatan mineral utama ini sangat mempengaruhi penamaan batuan.
  2. Mineral Sekunder
    Mineral sekunder merupakan mineral-mineral yang terbentuk setelah mineral utama terbentuk. Mineral ini merupakan mineral ubahan yang disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah pelapukan, sirkulasi air, larutan atau metamorfosa. Mineral sekunder juga memiliki pengaruh terhadap penamaan batuan hanya saja tidak signifikan.
  3. Mineral Tambahan
    Mineral tambahan mirupakan mineral-mineral yang terbentuk oleh kristalisasi magma dan memiliki keterdapatan pada batuan dalam jumlah yang sedikit. Mineral tambahan ini tidak mempengaruhi penamaan batuan.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers