Derajat Kristalisasi

     Derajat kristalisasi merupakan salah satu tekstur batuan beku yang membaginya berdasarkan tingkat kritalisasi mineral dalam batuan. Derajat kristalisasi sangat erat hubungannya dengan suhu pembentukan batuan. Derajat kristalisasi dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu
Gambar 1. Granit dengan semua mineral terbentuk sempurna
  • Holokristalin, terjadi pada batuan yang memiliki komposisi mineral dengan bentuk yang sempurna. Holokristalin ini terjadi pada batuan yang memiliki suhu pembentukan yang masih tinggi dalam waktu yang cukup lama.
Gambar 2. Andesite dengan mineral amphibole terbentuk di kelilingi masa dasar
  • Hipokristalin, terjadi pada batuan yang tidak 100% memiliki komposisi mineral dengan bentuk sempurna. Hipokristalin memiliki suhu pembentukan yang masih tinggi akan tetapi tidak dalam waktu yang cukup untuk membentuk mineral yang sempurna pada semua mineral yang ada pada batuan atau dapat terjadi pembekuan secara tiba-tiba setelah beberapa mineral terbentuk sempurna.
Gambar 3. Obsidian yang tidak terdapat mineral (gelasan)
  • Holohyalin, terjadi pada batuan yang memiliki komposisi gelasan. Holohyalin terbentuk akibat pembekuan dalam waktu singkat sehingga tidak sempat membentuk mineral.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers