Inti Bumi (Core)

     Inti bumi merupakan lapisan paling dalam dari bumi. Menurut teori bumi oval, inti bumi terletak di bagian tengah dari bumi dengan kedalaman dari 2900 km hingga pada pusat kedalaman 6300 km. Suhu inti bumi mencapai 2000 C di bagian luar inti dan 4500 C di bagian tengah inti.
Gambar 1. Lapisan Bumi

     Pada tahun 1930-an, Inge Lehmann seorang ahli seismologi dari Denmark menjumpai tanda-tanda gelombang kompresi, yaitu gelombang yang mendorong bolak-balik melalui tubuh planet pada bacaan seismik gempa besar yang terjadi di Selandia Baru. Hal tersebut memberinya kesimpulan bahwa inti bumi pada dasarnya memiliki sifat padat.

     Selain Lehmann, penelitian juga dilakukan oleh Australian National University dengan menganalisis gelombang seismik beramplitudo rendah, yaitu J-phase (gelombang yang dapat melewati inti planet). Dengan metode tersebut, dapat diketahui secara mendetail susunan lapisan inti bumi. Berdasarkan hasil penelitiannya, inti bumi dibagi menjadi dua golongan, yaitu
  • Inti bumi bagian luar (Outer core), terletak mulai dari kedalaman 2900 km hingga 5100 km yang tersusun dari logam padat.
  • Inti bumi bagian dalam (Inner core), terletak mulail dari kedalaman 5100 km hingga 6300 km yang tersusun dari logam cair.
     Lapisan inti bumi tersebut terpisahkan oleh sebuah lapisan khayal yang disebut dengan Lehmann Discontinuity. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, inti bumi tersusun atas senyawa nikel dan besi.


Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers