Bentuk Butir

     Bentuk butir merupakan salah satu tekstur batuan beku yang melihat dari butiran-butiran kristal mineral dalam batuan. Bentuk butiran ini memperhatikan kondisi kristal serta kondisi batas kristal terhadap sekelilingnya. Bentuk butir sendiri dibedakan menjadi tiga macam, yaitu
Gambar 1. Bentuk Butir Batuan Beku

  • Euhedral
    merupakan bentuk butir yang memiliki bentuk sempurna. Selain itu, bentuk butir ini juga memiliki batas-batas yang jelas terhadap sekelilingnya. Bentuk butir euhedral ini memiliki waktu pembentukan yang cenderung ideal, yaitu lama dan perlahan sehingga bentukan kristal mineralnya menjadi sempurna.
  • Subhedral
    merupakan bentuk butir yang sempurna tetapi memiliki batasan yang kurang jelas antara kristal satu dengan yang lainnya. Bentuk butir subhedral ini memiliki waktu pembentukan kristal yang lama, tetapi pada saat kristal akan sempurna terjadi percepatan pembekuan.
  • Anhedral
    merupakan bentuk butir yang tidak memiliki batasan yang jelas sehingga tidak dapat diketahui kristal telah sempurna atau belum. Bentuk butir ini terjadi pada batuan yang memilki waktu pembentukan singkat.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers