Mantel Bumi (Mantle)

     Mantel bumi merupakan lapisan tengah diantara kerak bumi dan inti bumi yang menyelimuti inti bumi. Mantel bumi memiliki ketebalan paling tebal diantara semua lapisan. Ketebalan mantel bumi dapat mencapai 3000 km dengan suhu mencapai 3000 C. Mantel bumi memiliki volume terbesar diantara lapisan lain dan mencapai 80% dari volume keseluruhan bumi.
Gambar 1. Mantel dan Arah arus konfeksi

     Secara umum mantel terbagi menjadi dua golongan yang di bedakan berdasarkan sifat dan suhunya, yaitu mantel atas dan mantel bawah.
  • Mantel atas berada di bagian luar dari mantel. Mantel atas berada pada kedalaman 400 km dengan sifat yang plastis. Sifat plastis yang dimiliki mantel bagian atas disebabkan karena suhu dan tekanannya setimbang. Pada bagian mantel atas, terjadi arus konfeksi yang mampu menggerakkan lapisan diatasnya sehingga menimbulkan munculnya struktur-struktur geologi yang mampu membentuk rona bumi saat ini.
  • Mantel bawah berada di bagian dalam dari mantel. Mantel bawah berada pada kedalaman 2900 km dengan suhu mencapai 3000 C. Mantel atas memiliki sifat padat. Hal tersebut disebabkan oleh perbandingan tekanan yang lebih besar dari pada suhunya.
     Mantel bumi secara keseluruhan memilik dominasi komposisi berupa magnesium, besi, alumunium, kalium, silikon dan oksigen.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers