Skema Umum Penginderaan Jauh

     Sabins (1996) dalam kerle, dkk. (2004) menyatakan bahwa penginderaan jauh adalah ilmu untuk memperoleh, mengolah dan menginterpretasi citra yang telah direkam yang berasal dari interaksi antara gelombang elektromagnetik dengan suatu objek. Sedangkan menurut Lillesand dan Kiefer (1993), Penginderaan jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang suatu objek, daerah atau fenomena melalui analisis data yang diperoleh dengan suatu alat tanpa kontak langsung degnan objek, daerah atau fenomena yang dikaji.

     Data penginderaan jauh dapat diperoleh menggunakan satelit, pesawat udara, balon udara dan wahana lainnya. Data-data tersebut berasal dari rekaman sensor yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda pada masing-masing tingkat ketinggian yang akhirnya menentukan perbedaan dari data penginderaan jauh yang dihasilkan.

     Pengumpulan data penginderaan jauh dapat dilakukan dalam berbagai bentuk sesuai dengan tenaga yang digunakan. Tenaga yang digunakan dapat berupa variasi distribusi daya, distribusi gelombang bunyi atau distribusi gelombang elektromagnetik.
Gambar 1. Skema umum penginderaan jauh

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers