Kekar Kolom (Columnar Joint), Wonogiri Jawa Tengah

    Kekar kolom yang ada di Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu fenomena alam yang bukan termasuk wisata alam. Akan tetapi fenomena tersebut memiliki artistik tersendiri yang indah dari segi penampilannya dan menakjubkan proses pembentukannya.

     Kekar kolom yang ada di Kabupaten Wonogiri terletak di Desa Pare kecamatan Selogiri. Lokasi kekar kolom dapat dicapai dengan waktu tempuh 20 menit menggunakan kendaraan bermotor dari alun-alun Kabupaten Wonogiri menuju arah selatan dan berlokasi di sisi barat Waduk Gajah Mungkur.
Gambar 1. Kesampaian daerah

     Keindahan kekar kolom dapat dinikmati karena adanya bekas pertambangan yang mengupas batuan dengan struktur kekar kolom tersebut. Lokasi ini cukup jauh dari jalan utama sehingga suasana tenang mampu meningkatkan daya tarik terhadap keindahan yang disajikan berupa batuan dengan struktur kekar kolom.
Gambar 2. Kenampakan kekar kolom dari samping

     Pada lokasi ini meskipun memiliki luasan yang kecil, keindahannya tidak kalah menarik dengan lokasi wisata yang ada di Kabupaten Wonogiri. Tanpa mengeluarkan kocek sepeserpun dapat menikmati keindahan batuan yang ada hanya saja tidak terdapat fasilitas pendukung wisatawan.

Kondisi Geologi

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers