Kondisi Geologi Wisata Alam Gunung Merapi

     Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Gunung Merapi terletak diantara empat kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang di sebelah barat, Kabupaten Boyolali di bagian timur-utara, Kabupaten Klaten di bagian timur-selatan dan Provinsi Yogyakarta di bagian selatan. Salah satu jalan menuju puncak Gunung Merapi dengan melewati pos pendakian Selo yang dapat di tempuh dengan perjalanan 15 menit menuju arah barat dari Kantor Bupati Boyolali.
Gambar 1. Kesampaian Daerah Pos Pendakian Boyolali

     Menurut Rahardjo, dkk (1995) menyatakan bahwa wisata alam gunung merapi pada jalur pendakiannya melewati beberapa formasi diantaranya adalah (dari tua ke muda)

  • Formasi Gunung Merapi Tua (Qmo) yang beranggotakan breksi, aglomerat dan leleran lava tremasuk andesit dan sedikit mengandung olivin
  • Formasi Gunung Merapi Muda (Qmi) yang terdiri dari tuf, breksi, aglimerat dan leleran lava tak terpisahkan
  • Endapan Longsoran (na) yang terdiri dari endapan longsoran dan lahar
  • Kubah Lava di bagian atas dan leleran.


     Berdasarkan pengamatan lapangan yang dilakukan pada jalur pendakian merapi, diketahui bahwa daerah ini memilki morfologi yang masuk kedalam kategori sangat curam karena terdapat banyak tebing-tebing. Kondisi litologi berupa lapukan dari material vulkanik di awal pendakian dan beberapa bongkahan yang tersaji di sepanjang perjalanan hingga pada bagian atas berupa material berukuran besar hingga kecil dari mulai pasir sangat halus hingga bolder-bolder pada bagian puncak gunung merapi. Material yang ada di dominasi dengan material andesitik.


Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers