Kondisi Geologi Wisata Alam Rumah Pohon, Kecamatan Bandar

     Rumah Pohon merupakan salah satu wisata alam yang ada di Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang yang tepatnya terletak di Desa Tombo. Rumah Pohon dapat dicapai dengan perjalanan selama 20 menit menggunakan kendaraan bermotor ke arah barat dari Kantor Kecamatan Bandar.
Gambar 1. Kesampaian Daerah Wisata Alam Rumah Pohon

     Menurut W.H Condon, dkk (1996) wisata alam rumah pohon terletak pada formasi Batuan Gunungapi Jimbangan (Qjo) yang terdiri dari aliran lava, breksi aliran dan piroklastik.

Gambar 2. Peta Geologi Regional Rumah Pohon di Desa Tombo, Kecamatan Bandar

     Dari pengamatan lapangan, daerah ini merupakan daerah yang memiliki kondisi topografi terjal yang di kelilingi oleh bukit-bukit terjal. Lithologi daerah ini adalah breksi andesit yang kemungkinan berasal dari Gunung Slamet yang berlokasi di sebelah selatan dari wisata rumah pohon. Lithologi ini terlihat sebagai bongkahan-bongkahan breksi yang tertanam di dalam tanah (bawah permukaan) dan bongkahan di sungai yang terlihat dari atas tebing atau rumah pohon.

Gambar 3. STA 1

     Secara Hidrologi daerah ini memiliki supplay air yang melimpah dari mata air serta merupakan daerah resapan yang sangat bagus karena kondisi tanahnya sangat mendukung untuk terbentuknya air resapan.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers