Kondisi Geologi Kekar Kolom, Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri

     Kekar kolom terletak di Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Lokasi kekar kolom sendiri dapat dicapai menggunakan kendaraan bermotor dengan lama perjalanan 15 menit dari alun-alun Wonogiri menuju ke arah selatan dan barat.
Gambar 1. Kesampaian daerah

     Secara teori, kekar kolom terbentuk karena adanya proses pendinginan dan penyusutan yang merata sehingga membentuk tiga hingga delapan sisi prisma. Menurut Spry (1962) kolom-kolom ini terbentuk akibat tekanan saat lava mendingin. Pada saat pendinginan ini, lava berkontraksi, membentuk rekahan. Sekali rekahan ini terbentuk, rekahan ini berkembang. Pertumbuhan rekahan ini tegak lurus dengan arah aliran.
Gambar 2. Peta geologi regional

     Menurut Surono dkk (1992) dalam Peta Geologi Regional Lembar Surakarta Giritontro menyatakan bahwa lokasi kekar kolom berada pada Formasi Mandalika (Tomm). Formasi Mandalika tersebut terdiri dari lava dasit-andesit dan tuf dasit dengan retas diorit. Batuan yang ada pada Formasi Mandalika ini berumur Oligosen akhir hingga Miosen awal.
Gambar 3. STA I jarak jauh

     Dari pengamatan lapangan yang dilakukan pada kekar kolom ini menunjukkan bahwa daerah ini meiliki morfologi berbukit bergelombang dengan persen lereng 14 hingga 20 % dan beda tinggi 75 hingga 200 meter. Batuan yang ada di lokasi merupakan batuan andesitik yang terbentuk karena adanya magma yang keluar dan terjadi pendinginan atau pembekuan. Pendinginan ini terjadi memusat pada satu titik tengah yang kemudian menjadikan batuan tersebut menjadi prisma-prisma yang memiliki sisi sejumlah tiga hingga delapan sisi. Kekar kolom yang ada di lokasi ini memiliki kemiringan 45⁰.
Gambar 4. STA I Jarak dekat
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers