Komponen Dasar Penginderaan Jauh

     Dalam pengambilan data penginderaan jauh, terdapat empat komponen penting, yaitu target, sumber energi, alur transmisi dan sensor. Empat komponen dasar tersebut saling bekerja sama dalam menghasilkan data penginderaan jauh yang maksimal.

  • Target merupakan lokasi atau wilayah yang menjadi fokus dalam pengambilan data penginderaan jauh yang nantinya akan dilakukan analisis
  • Sumber energi merupakan energi yang digunakan untuk pemancaran agar mendapatkan hasil yang maksimal. Salah satu energi yang sering digunakan adalah energi matahari. Energi ini akan dipantulkan oleh target yang nantinya ditangkap oleh reciever.
  • Transmisi merupakan penerimaan energi yang telah dipantulkan yang nantinya akan di sampaikan ke seansor
  • Sensor merupakan sebuah alat yang mengumpulkan dan mencatat radiasi elektromagnetik. Setelah dicatat, data akan dikirimkan ke stasiun penerima dan diproses menjadi data yang siap pakai salah satunya adalah citra.
Gambar 1. Skema pengambilan data penginderaan jauh

     Metode penginderaan jauh diambil dengan cara penerimaan pada sensor dari hasil pantulan oleh sumber energi pada target yang kemudian diteruskan ke pengumpulan data dan diolah sehingga data tersebut menjadi data yang siap digunakan.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers