Pengawetan yang Mengalami Perubahan

     Pengawetan jenis ini umumnya terjadi pada organisme yang mengalami pembusukan yang meninggalkan salah satu unsur atau tergantikan dengan senyawa lain. Pengawetan jenis ini terbagi menjadi tiga, yaitu
Gambar 1. Fosil Karbonisasi Daun

Karbonisasi

     Dikenal juga sebagai proses destilasi. Proses destilasi adalah proses pada zat organik organisme mengalami pembusukan secara perlahan setelah terkubur. Pembusukan yang terjadi adalah kehilangan gas dan cairannya sehingga meninggalkan lapisan karbon.

Permineralisasi/Petrifikasi

     Pengawetan ini terjadi apabila airtanah yang memiliki komposisi tertentu menyusup kedalam tubuh fosil melalui pori-pori. Airtanah yang menyusup mengendapkan mineral-mineral yang dibawanya sehingga meningkatkan tingkat resistensi organisme terhadap pembusukan. Permineralisasi merupakan sebutan untuk fosil dengan satu jenis mineral sedangkan petrifikasi untuk fosil dengan berbagai macam mineral.

Penggantian (Replacement)

    Pengawetan ini terjadi pada organisme yang telah terendapkan dan hilang digantikan oleh mineral-mineral yang dibawa airtanah sehingga bentuknya masih sama dengan sebelumnya.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers