Pengawetan Bagian Keras Organisme

     Bagian keras dari suatu organisme merupakan bagian paling resisten terhadap pembusukan. Meskipun demikian, tidak semua bagian keras organisme dapat menjadi fosi. Terdapat syarat yang harus dimiliki bagian keras organisme untuk dapat terfosilkan, yaitu tersusun atas mineral yang tahan/resisten terhadap pelapukan dan reaksi kimia. Berdasarkan komposisinya pengawetan ini terdiri dari empat macam, yaitu
Gambar 1. Fosil Gading Mammoth

Fosil Karbonatan

     Merupakan fosil yang tersusun atas senyawa kalsium karbonat. Contoh fosil karbonatan adalah pada cangkang, kerang, siput dan koral.

Fosil Silikatan

     Merupakan fosil yang tersusun atas senyawa silika seperti golongan plankton (diatome dan radiolaria) dan golongan spons (silicious sclerite).

Fosil Fosfatan

     Merupakan fosil yang tersusun atas senyawa kalsium fosfat seperti yang terdapat pada gigi, gading dan beberapa rangka luar suatu organisme. Senyawa ini merupakan senyawa paling baik bertahan dari pelapukan sehingga banyak organisme yang menjadi fosil dengan bentuk yang bagus.

Fosil Khitanan

    Merupakan fosil yang tersusun atas senyawa khitin. Senyawa ini biasanya terdapat pada kerangka luar suatu organisme seperti arthropoda.

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers