Pengukuran Geolistrik TPA Kebumen

     Pengukuran geolistrik dilakukan untuk mengetahui kondisi bawah permukaan. Dalam pelaksanaannya, pengukuran geolistrik juga sangat membantu dalam analisis untuk mencegah adanya pencemaran air oleh sampah khususnya di TPA Kebumen yang berlokasi di Desa Kenteng, Kecamatan Sempor, Kabupaten Kebumen. Pengukuran dilakukan pada 4 titik yang tersebar di area TPA Kebumen. Pengukuran ini dilakukan dengan masing-masing bentangan total sepajang 300 meter tiap titik.
Gambar 1. Peta Lokasi Pengukuran Geolistrik

     Pengukuran yang dilakukan pada TPA Kebumen ini bertujuan untuk mengetahui geometri akuifer pada lokasi TPA dan kemungkinan masuknya pencemaran pada sampah yang ada di atasnya.  Dari hasil pengolahan dan analisis, terdapat tiga jenis litologi yang berbeda, yaitu lempung, tuf halus dan pasir gampingan. Pada kondisi ini lempung merupakan lapisan permeable yang dapat menahan air, tuf halus merupakan lapisan permeable dan pasir gampingan merupakan akuifer pada lokasi ini
Gambar 2. Kondisi Bawah Permukaan

     Berdasarkan hasil pengukuran terdapat dua jenis akuifer yang terbatasi oleh akuiklud berupa lempung dan tuf halus dengan sifatnya yang permeable. Akuifer ini dibedakan berdasarkan letaknya pada daerah dangkal dan dalam.
Gambar 3. Kondisi Akuifer

     Akuifer dangkal yang terukur hanya sebagian di atas dan tidak menerus sedangkan akuifer dalam memiliki geometri yang cukup besar menerus hingga pemukiman warga. Dalam kondisi tersebut, akuifer dangkal yang ada hanya setempat dan tidak berpengaruh pada akuifer dangkal sekitarnya sedangkan akuifer dalam berpengaruh terhadap akuifer dalam sekitarnya hanya saja kemungkinan untuk terjadi pencemaran sangat kecil karena telah tersekat oleh lapisan permeable, yaitu lempung.
Gambar 4. Pengukuran Geolistrik Titik KEB 02

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers