Pecahan (Freacture)

      Pecahan merupakan kecenderungan mineral untuk terpisah pada arah yang tidak teratur. Pecahan tidak banyak bergantung pada struktur atom mineral. Apabila suatu mineral mendapatkan tekanan melewati batas plastisitas dan elastisitasnya, maka mineral tersebut akan pecah. Pecahan sendiri dapat dibedakan menjadi enam golongan, yaitu:
Gambar 1. Mineral Kuarsa

  • Choncoidal
         Merupakan mineral dengan pecahan yang memperlihatkan gelombang yang melengkung di permukaannya, seperti kenampakan pada botol pecah. Contoh mineralnya adalah Quartz (kuarsa)
  • Hackly
         Merupakan mineral dengan pecahan yang permukaannya tidak teratur dengan ujung-ujung yang runcing, Contoh mineralnya adalah Native Metals (Cu, Ag)
  • Even
         Merupakan mineral dengan pecahan yang permukaan bidang pecahnya kecil-kecil dan ujung pecahan masih mendekati bidang datar. Contoh mineralnya adalah Limonite, Muscovite.
  • Uneven
         Merupakan mineral dengan pecahan yang kasar dan permukaan tidak teratur, ujung-ujung pecahan berbentuk runcing. Contoh mineralnya adalah Garnet, Hematit dan Magnetit
  • Splintery
         Merupakan mineral dengan pecahan yang hancur menjadi kecil-kecil dan tajam menyerupai benang atau berserabut. Contoh mineralnya adalah Augit, Hipersten dan Serpentine
  • Earthy
         Merupakan mineral dengan pecahan yang hancur  seperti tanah. Contoh mineralnya adalah Kaoline.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers