Faktor Iklim dan Lingkungan Bentuklahan Karst


Gambar 1. Contoh topografi karst

     Iklim dan lingkungan merupakan dua hal yang sulit untuk dipisahkan karena kedua aspek tersebut saling berhubungan. Dalam lingkup sempit, linkungan diartikan sebagai kondisi sekitar sedangkan dalam lingkup luas diartikan sebagai seluruh aspek biotik dan abiotik yang ada pada suatu daerah.

     Von Engeln (1942) mengemukakan bahwa kondisi lingkungan yang mendukung terbentuknya topografi karst adalah adanya lembah besar yang mengelilingi tempat tinggi dan terdiri dari batuan yang mudah larut dengan kekar yang intensif. Kondisi ini menyebabkan air mudah masuk menjadi airtanah yang kemudian turun menjadi air permukaan di daerah lembahnya.

     Ritter (1978) mengemukakan bahwa kondisi lingkungan disekitar batugamping harus lebih rendah. Kondisi ini menyebabkan sirkulasi perjalanan air yang baik sehingga proses karstifikasi menjadi intensif.

     Daerah dengan iklim tropis memiliki curah hujan yang tinggi sehingga kombinasi suhu dan presipitasi menjadi ideal untuk berlangsungnya proses karstifikasi (Ritter, 1978). Iklim tersebut akan mempengaruhi jumlah zat terlarut pada suatu daerah dan dengan lingkungan yang ideal akan mempermudah terbentuknya topografi karst. Karena itulah iklim dan lingkungan sangat berkaitan erat.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers