Batupasir

     Batupasir memiliki 5 komposisi utama, yaitu fragmen batuan, butiran kuarsa, butiran feldspar, matriks dan semen. Matrix pada batupasir biasanya berupa mineral lempung atau kuarsa pada ukuran yang lebih besarnya. Semen pada batupasir biasanya memiliki komposisi kuarsa atau kalsit dan pada batupasir dengan warna merah merupakan pengaruh dari hematit.

     Batupasar dapat digunakan sebagai penggambaran iklim dan kondisi geologi. Beberapa butiran dapat meilki komposisi fisik dan kimia lebih setabil dibandingkan dengan yang lain disekitarnya. Kestabilan mineral dari stabil hingga tidak stabil, yaitu kuarsa, muskovit, mikrolin, ortoklas, plagioklas, hornblende, biotit, piroxen dan olivin. Urutan kestabilan mineral tersebut sangat berguna untuk menentukan meaturity (derajat kematangan) batupasir. Batupasir immature memiliki komposisi fragmen batuan, mineral-mineral tidak stabil seperti olivin, piroxen. Batupasir mature memiliki komposisi kuarsa, butiran feldspar dan beberapa fragmen batuan. Batupasir supermeature memiliki komposisi yang didominasi dengan butiran kuarsa. Meaturity ini juga dapat digunakan sebagai parameter menentukan jauhnya pergerakan material batupasir, semakin menuju kearah supermeature butiran batu pasir telah bergerak jauh dan telah mengalami perubahan iklim.


     Pada dasrnya, terdapat 4 komposisi utama yang digunakan untuk melakukan penamaan pada batupasir, yaitu kuarsa, feldspar, fragmen batuan dan jumlah matriks. Berikut adalah nama-nama yang ada pada klasifikasi.

- Quartz Arenite
Batupasir supermeature dengan mineral yang terlihat hanya kuarsa.

- Arkose
Arkose dapat dilihat dari kehadiran feldspar yang melimpah dan umunya pada singkapan terdapat bagian yang teraltrasi berupa kaolinite. Umumnya hadir pada sistem fluvial terutama jika sumber berupa granit.

- Litheranites
Litheranites memliki komposisi fragmen batuan yang dominan dan berasal dari batuan sebelumnya.

- Greywackes
Pada umumnya, greywacke memiliki tekstur yang keras. Greywacke ini terdeposisi pada arus turbidit sehingga memiliki struktur sedimen yang disebabkan oleh arus turbidit tersebut.

- Hybrides Sandstone

Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers