Perhitungan Volume

Pemodelan geologi adalah bagian awal dari suatu proses   pembuatan   perencanaan   tambang.   Pemodelan geologi mempunyai peranan yang sangat penting dalam memberikan   gambaran  hasil  interpretasi  model penampang  endapan  batubara.  Banyak  perusahaan tambang  umumnya  menggunakan  log  bor.  Berdasarkan data log bor dapat diketahui kondisi bawah permukaan dan juga untuk memperoleh berbagai data lain seperti kedalaman dan ketebalan lapisan bahan galian.
Penentuan batas penambangan bertujuan untuk mengetahui batas-batas penambangan pada suatu cebakan bahan galian (yakni jumlah cadangan dan kadarnya), yang akan memaksimalkan nilai bersih total dari cebakan tersebut.
Metode penampang (cross section) masih sering dilakukan pada tahap-tahap paling awal dari perhitungan. Hasil perhitungan secara manual ini dapat dipakai sebagai alat pembanding untuk mengecek hasil perhitungan yang lebih canggih menggunakan komputer.
Gambar 1. Gambaran perhitungan cadangan metode cross section


Keuntungan metode cross section dapat menggambarkan keadaan geologi endapan mineral, prosedurnya cepat, dan sederhana, tetapi menuntut analisa bentuk dan ukuran penampang guna menentukan rumus yang tepat. Metode ini merupakan pilihan yang tepat untuk endapan mineral ysng seragam, sering pula pada endapan yang berbentuk perlapisan atau endapan placer.
Share:

No comments:

Post a Comment

Clinic Bimbel

Popular Posts

Blog Archive

Followers